EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR LANCAR MAHASISWA PADA MATERI pH LARUTAN

Ratu Betta Rudibyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem Solving pada materi pH larutandalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen tipe nonequivalent control group desain. Kelas sampel ditentukan dengan teknik puposive sampling. Sampelpenelitian adalah mahasiswa kelas A dan kelas B Prodi Pendidikan Fisika, tahun 2017/2018. Efektivitasmodel Problem Solving dilihat berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang diperoleh berdasarkan uji t.Rata-rata n-Gain pada kelas A yaitu 0,68 dan kelas B yaitu 0,26. Kesimpulan penelitian ini adalahpembelajaran dengan menggunakan model Problem Solving efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikirlancar mahasiswa pada materi pH larutan.

Article Metrics

Abstract view : 878 times
PDF - 307 times

Full Text:

PDF

References


Suryani, L. A. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Ombak.Yogyakarta.

Ennis, R. H. 1989. Critical Thinking. University ofIllinois. Urbana-Campaign.

Kurniawati, E. 2011. Penerapan Metode Problem Solvinguntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Sistem Koloid.Skripsi(tidak diterbitkan). Universitas Lampung.Bandar Lampung.

Saputra, A. 2012. Model Pembelajaran Problem Solvingpada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.Skripsi(tidak diterbitkan). Universitas Lampung.Bandar

Lampung.

Creswell, J. W. 2003. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Second Edition.Sage Publications.New Delhi.

Mergendoller, John R dan Nan L Maxwell. 2006. The Effectiveness of Problem-Based Instruction : A Comparative Study Of Instructional Methods and Student Characteristics.The Interdiscriplinary Journal Of Problem Based Learning/ Vol.1, No.2. 1-69.

Rismalinda, A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Kesetimbangan Kimia.Skripsi(tidak diterbitkan). Universitas Lampung.Bandar Lampung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito.Bandung.

Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.