CD Pembelajaran Interaktif Sel Volta sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa

Wilda Syahri

Abstract


Sel volta merupakan materi pokok bahasan yang sangat penting dalam Kimia Fisika II, yang merupakan salah satu mata kuliah yang tergabung dalam kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) berdasarkan kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi. Keberadaan pokok bahasan dan mata kuliah ini sangat penting, namun banyak mahasiswa yang kurang antusias dan kurang berminat mempelajarinya, yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar yang mereka peroleh. Sejauh ini pembelajarannya di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi dilakukan dengan kuliah mimbar dan diskusi informasi, padahal materi kuliah ini menuntut keterlibatan mahasiswa lebih aktif. Dipandang perlu untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi sel volta, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Dalam penelitian ini telah dilakukan pengembangan CD interaktif pembelajaran sel volta dengan prosedur pengembangan mengikuti langkah-langkah pengembangan Akker, meliputi 4 tahap yaitu: 1) analisis pendahuluan, 2) perancangan, 3) evaluasi, dan 4) revisi. Prototype awal CD interaktif pembelajaran sel volta divalidasi oleh ahli materi dan ahli media melalui kuesioner validasi, selanjutnya dilakukan uji coba perorangan. Hasil validasi prototype CD interaktif pembelajaran sel volta oleh ahli materi dan ahli media diperoleh dengan kriteria baik. Hasil uji coba perorangan terhadap prototype CD interaktif pembelajaran sel volta diperoleh dengan kriteria baik. CD interaktif pembelajaran sel volta menumbuhkan motivasi dan memberikan manfaat yang cukup berarti dalam proses pembelaja


Article Metrics

Abstract view : 1553 times
PDF - 1766 times

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.