Tugas Berbasis Media Video Phy 2048 dan Phy 2049 Mata Kuliah Bahasa Inggris Untuk Fisika
Abstract
Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran merupakan suatu strategi untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi dan bergaul secara sehat di era global. Dengan dasar ini inovasi pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai karakter penting dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki nilai pendidikan karakter dan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran aktif dengan tugas berbasis media video Phy 2048 dan Phy 2029 pada mata kuliah bahasa Inggris untuk fisika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK. Model PTK yang diterapkan dalam penelitian adalah model siklus. Penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Pelaksanaan setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini terdiri dari dua bagian yaitu lembaran observasi dan tes hasil belajar. Data yang didapat dianalisis melalui empat cara yaitu metode grafik, analisis statistik deskriptif, analisis regresi dan korelasi, dan uji perbandingan dua rata-rata berkorelasi. Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan dua hasil utama dari penelitian ini. Pertama, penerapan pembelajaran aktif dengan tugas berbasis media video Phy 2048 dan Phy 2049 telah mampu membentuk nilai karakter mahasiswa. Kedua, penerapan pembelajaran aktif dengan tugas berbasis media video Phy 2048 dan Phy 2049 mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang ditandai meningkatnya nilai rata-rata dari 59,42 menjadi 66,60.
Keywords : Pembelajaran aktif, Tugas, Media Video, Phy 2048, Phy 2049, Karakter
Keywords : Pembelajaran aktif, Tugas, Media Video, Phy 2048, Phy 2049, Karakter
Article Metrics
Abstract view : 2260 timesPDF - 3678 times
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.