Kreativitas Siswa dalam Pembuatan Model Struktur 3D Sel pada Pembelajaran Subkonsep Struktur dan Fungsi Sel
Abstract
Kreativitas adalah kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah berdasarkan data dan informasi yang tersedia, dengan penekanan pada kuantitas, ketepatgunaan dan keragaman jawaban. Kreativitas merupakan salah satu proses berpikir level tinggi yang perlu dimiliki siswa dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa dalam pembuatan model struktur 3-dimensi (3D) sel pada pembelajaran subkonsep struktur dan fungsi sel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kreativitas, berupa soal uraian yang terdiri atas 10 soal dengan jenjang kognitif C4-C6. Indikator kreativitas yang diukur meliputi indikator kemampuan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, memperinci dan evaluasi. Kreativitas siswa dalam pembuatan model 3D sel juga diamati menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kreativitas sangat tinggi (58%) dan tinggi (38%), hanya sedikit siswa (4%) yang berkemampuan cukup. Kreativitas siswa yang baik juga tercermin dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Hal ini berarti kreativitas siswa tidak hanya muncul saat siswa dihadapkan pada masalah abstrak (melalui soal) yang menuntut dihasilkannya pemikiran kreatif, namun siswa juga mampu merealisasikan pemikiran kreatif tersebut menjadi sebuah karya nyata berupa model struktur 3D sel.
Kata kunci: kreativitas, model struktur 3 D sel, subkonsep struktur dan fungsi sel
Article Metrics
Abstract view : 3584 timesPDF - 3940 times
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.