PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA AWETAN DAUN UNTUK MATA KULIAH STRUKTUR TUMBUHAN PADA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI
Abstract
Pengembangan media pembelajaran berupa awetan daun untuk mata kuliah Struktur Tumbuhan pada Program Studi Pendidikan Biologi, merupakan suatu inovasi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam penelusuran langsung objek kajian berupa Organ Daun. Mengingat banyaknya ciri-ciri morfologi daun yang harus dipahami oleh mahasiswa dan disertai dengan bahasa latin, maka dengan media awetan daun ini mahasiswa lebih mudah memahami dan akan memberikan pengalaman konkret sehingga pembelajaran lebih bermakna. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan menggunakan Model ADDIE, yang terdiri dari 5 fase, yaitu: A(analysis), D(Desain), D(Development), I(Implementation), and E(Evaluation). Validasi produk dilakukan oleh tim ahli media dan ahli materi, selanjutnya dilakukan ujicoba produk pada kelompok kecil dengan subjek ujicoba mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi PMIPA FKIP Universitas Jambi sebanyak 12 orang. Hasil validasi oleh tim ahli menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran biologi berupa awetan daun tergolong “sangat baik” setelah mengalami beberapa kali revisi. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase 92,18% untuk desain media dan 85,93% untuk validasi materi dan direkomendasikan untuk diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil ujicoba kelayakan media pada mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi memberikan respon bahwa pengembangan media awetan daun ini tergolong sangat baik dengan presentase 85,60%. Hasil pengembangan media awetan daun untuk mata kuliah Struktur Tumbuhan tergolong sangat baik dan disarankan untuk melakukan ujicoba pada kelompok yang lebih besar dan mengkaji pengaruh penggunaan media tersebut dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, awetan daun, Struktur Tumbuhan.
Article Metrics
Abstract view : 2775 timesPDF - 4805 times
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.