Pendeteksian Sarkasme pada Proses Analisis Sentimen Menggunakan Random Forest Classifier

Debby Alita, Auliya Rahman Isnain

Abstract


Kalimat sindiran atau sarkasme masih sering digunakan oleh kalangan publik untuk mengungkapkan maksud isi hati dan pikiran baik itu yang disampaikan secara langsng maupun tidak langsung. Sarkasme dilakukan untuk menyindir dan menyakiti hati seseorang dengan menggunakan bahasa atau kata yang didalamnya mengandung kata positif tetapi maknanya negatif sehingga sering sekali terjadi opini salah diklasifikasikan. Penelitian ini melakukan kombinasi antara proses sentimen analisis dengan deteksi sarkasme untuk pengklasifikasian opini yang terdapat pada Twitter. Proses analisis sentimen dilakukan dengan tahapan preprocessing dan ekstraksi fitur dan diklasifikan dengan menggunakan metode Support Vector Machine dilanjutkan dengan proses pendeteksian sarkasme yang dilakukan tahapan ekstraksi fitur dengan 4 set fitur yaitu sentiment related, punctuation-relate, lexical and syntactic, dan pattern-relate dan diklasifikasikan dengan menggunakan metode Random Forest Classifier. Hasil penelitian ini didapatkan peningkatan nilai rata-rata akurasi sebesar 16,61 %, nilai presisi sebesar 5,45 %, nilai recall sebesar 9,64% dan kenaikan nilai F1score sebesar 11,27% dengan jumlah data sebanyak 2.027 dengan rincian data dengan label positif berjumlah 1023, data dengan label negatif berjumlah 587 dan data dengan label netral berjumlah 462. Data sarkasme didapatkan dari tweet dengan label positif yang kemudian diberikan label sarkasme atau tidak sarkasme dan didapat hasil label dengan jumlah keseluruhan berlabel sarkasme berjumlah 354 dan tidak sarkasme berjumlah 669.

Keywords


analisis sentimen, deteksi sarkasme, Support Vector Machine, Random Forest Classifier

Article Metrics

Abstract view : 6327 times
PDF - 6669 times

Full Text:

PDF

References


F. Prawira, “THE EFFECT OF SARCASM DETECTION ON SENTIMENT ANALYSIS QUALITY MEASUREMENT IN TWITTER THE EFFECT OF SARCASM DETECTION ON SENTIMENT,” 2017.

E. Inderasari, F. Achsani, and B. Lestari, “BAHASA SARKASME NETIZEN DALAM KOMENTAR AKUN INSTRAGRAM ‘ LAMBE TURAH ,’” vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.22460/semantik.vXiX.XXX.

D. Alita, S. Priyanta, and N. Rokhman, “Analysis of Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language on Twitter,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 2, p. 100, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.2.100-109.

S. Styawati and K. Mustofa, “A Support Vector Machine-Firefly Algorithm for Movie Opinion Data Classification,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 3, p. 219, 2019, doi: 10.22146/ijccs.41302.

R. R. SURYONO and I. BUDI, “P2P Lending Sentiment Analysis in Indonesian Online News,” vol. 172, no. Siconian 2019, 2020, doi: 10.2991/aisr.k.200424.006.

A. R. Isnain, A. Sihabuddin, and Y. Suyanto, “Bidirectional Long Short Term Memory Method and Word2vec Extraction Approach for Hate Speech Detection,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 14, no. 2, p. 169, 2020, doi: 10.22146/ijccs.51743.

K. Liu, W. Li, and M. Guo, “Emoticon Smoothed Language Models for Twitter Sentiment Analysis,” Aaai, pp. 1678–1684, 2012, [Online]. Available: http://www.aaai.org/ocs/index.php/AAAI/AAAI12/paper/viewFile/5083/5319.

Y. Yunitasari, A. Musdholifah, and A. K. Sari, “Sarcasm Detection For Sentiment Analysis in Indonesian Tweets,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 1, p. 53, 2019, doi: 10.22146/ijccs.41136.

N. W. S. Saraswati, “Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machines Untuk Sentiment Analysis,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., pp. 587–591, 2013.

N. D. Putranti and E. Winarko, “Analisis Sentimen Twitter untuk Teks Berbahasa Indonesia dengan Maximum Entropy dan Support Vector Machine,” Ijcss, vol. 8, no. 1, pp. 91–100, 2014, doi: 10.22146/ijccs.3499.

A. F. Hidayatullah and A. Sn, “Analisis Sentimen dan Klasifikasi Kategori Terhadap Tokoh Publik Pada Twitter,” Semin. Nas. Inform. 2014, vol. 2014, no. August 2013, pp. 0–8, 2014.

M. Bouazizi and T. Otsuki, “A Pattern-Based Approach for Sarcasm Detection on Twitter,” IEEE Access, vol. 4, pp. 5477–5488, 2016, doi: 10.1109/ACCESS.2016.2594194.

M. Bouazizi and T. Ohtsuki, “Opinion Mining in Twitter How to Make Use of Sarcasm to Enhance Sentiment Analysis,” in Proceedings of the 2015 IEEE/ACM International Conference on Advances in Social Networks Analysis and Mining 2015 - ASONAM ’15, 2015, pp. 1594–1597, doi: 10.1145/2808797.2809350.

I. Klyueva, “Improving Quality of the Multiclass SVM Classification Based on the Feature Engineering,” Proc. - 2019 1st Int. Conf. Control Syst. Math. Model. Autom. Energy Effic. SUMMA 2019, pp. 491–494, 2019, doi: 10.1109/SUMMA48161.2019.8947599.

H. Sulistiani, K. Muludi, and A. Syarif, “Implementation of Dynamic Mutual Information and Support Vector Machine for Customer Loyalty




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fkomputasi.v8i2.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.