Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika (JTAF) adalah media penerbitan hasil-hasil penelitian yang dilakukan secara ilmiah, orisinil, belum pernah diterbitkan atau dalam proses untuk diterbitkan di media lain.

Pengiriman Naskah

Semua proses pengiriman, review dan proses penerbitan dijalankan melalui website JTAF: http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/jtaf/

Penulis terlebih dahulu membaca PANDUAN REGISTRASI DAN SUBMIT ARTIKEL  sebelum membuat login sebagai penulis (author), kemudian mengirim tulisannya melalui website JTAF. Selama proses berlangsung, penulis hendaknya selalu mengecek email dan website JTAF. 

Sistematika penulisan artikel terdiri dari judul artikel, profil penulis (nama, afiliasi dan email), abstrak dan kata kunci, isi artikel, ucapan terimakasih (jika diperlukan) dan daftar pustaka. Isi artikel memuat pendahuluan, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan.

 Margin

Teks artikel dibuat menggunakan Microsoft Word dengan aturan kertas A4, margin atas 3 cm, margin kiri 3 cm, margin bawah 3 cm, dan margin  kanan 2,5 cm.

Header dan Penomoran Halaman

Jumlah halaman dalam artikel yang mencakup judul, pendahuluan hingga daftar pustaka harus berjumlah genap dengan maksimal 10 halaman. Tambahkan satu halaman kosong jika halaman berjumlah ganjil.

Nomor halaman ganjil diletakkan di bagian bawah sebelah kanan halaman sedangkan nomor halaman genap diletakkan di bagian bawah sebelah kiri halaman. Penomoran halaman ditulis dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 10 pt dan dicetak miring (italic).

Pada header halaman ganjil dituliskan nama jurnal penerbit, dalam hal ini Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika di sebelah kiri dan di sebelah kanan dituliskan volume, nomor, bulan dan tahun penerbitan jurnal. Volume dan nomor jurnal diisi oleh editor dan untuk dapat diganti dengan huruf “XX” ketika pengajuan artikel. Teks ditulis dengan huruf Times New Roman berukuran 10 pt dan dicetak miring (italic).

Pada header halaman genap dituliskan nama belakang penulis disertai dengan judul artikel secara lengkap yang dipisahkan dengan titik dua. Jika penulis lebih dari satu orang, nama belakang penulis utama dituliskan dengan tambahan “dkk”. Teks ditulis dengan huruf Times New Roman berukuran 10 pt dengan rata tengah.

Teks dan Paragraf

Isi artikel ditulis menggunakan format dua kolom (lebar kolom = 7,5 cm dan spasi kolom = 0,5 cm) dengan teks dalam paragraf ditulis penuh sesuai margin (kanan-kiri). Teks isi artikel ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 pt dan spasi tunggal dengan format rata kanan-kiri. Teks paragraf dalam isi artikel ditulis dengan indentasi 0,75 cm tanpa tambahan spasi antar paragraf.

Judul, Bab dan Subbab

Judul artikel ditulis dengan ringkas dan dapat menjelaskan isi artikel dengan jelas. Judul artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 16 pt dan dicetak tebal (bold) dengan format rata tengah. Huruf pertama pada setiap kata utama dalam judul ditulis dengan huruf kapital (capitalize each word). Judul ditulis dengan spasi tunggal dan ditambahkan spasi setelah teks (spacing after) sebesar 12 pt.

Judul bab dalam artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 12 pt dan dicetak tebal (bold) dengan format rata tengah. Judul bab ditulis dengan huruf kapital (uppercase) dan spasi tunggal dengan ditambahkan spasi sebelum teks (spacing before) sebesar 12 pt dan spasi setelah teks (spacing after) sebesar 12 pt.

Judul subbab dalam artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 12 pt dan dicetak tebal (bold) dengan format rata kiri tanpa penomoran. Huruf pertama pada setiap kata utama dalam judul subbab ditulis dengan huruf kapital (capitalize each word). Judul subbab ditulis dengan spasi tunggal dan ditambahkan spasi sebelum teks (spacing before) sebesar 12 pt dan spasi setelah teks (spacing after) sebesar 12 pt.

Jika terdapat poin-poin dalam subbab, poin tersebut ditulis dengan penomoran angka. Teks ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 pt dengan format rata kiri. Teks ditulis dengan spasi tunggal dan ditambahkan spasi sebelum teks (spacing before) sebesar 12 pt.

Profil Penulis

Profil penulis terdiri dari nama penulis, afiliasi, dan alamat email. Nama penulis dituliskan setelah judul artikel menggunakan huruf Times New Roman berukuran 14 pt dengan format rata tengah. Teks nama penulis ditulis dengan spasi tunggal dan ditambahkan spasi setelah teks (spacing after) sebesar 12 pt. Jika artikel ditulis oleh dua penulis, penulisan nama dipisahkan dengan kata hubung “dan”. Jika artikel ditulis lebih dari dua penulis, penulisan nama dipisahkan dengan tanda koma kecuali dua nama terakhir dipisahkan dengan kata hubung “dan”.

Nama tengah penulis dan nama belakang penulis boleh disingkat menggunakan inisial dengan tambahan titik jika terlalu panjang. Jika memungkinkan diperkenankan untuk menulis nama penulis secara lengkap. Jika terdapat penulis utama, ditandai dengan tanda “*” diakhir nama belakang penulis tersebut (setelah tanda kurung catatan kaki jika ada).

Jika penulis berasal dari beberapa instansi, pada akhir nama penulis ditambahkan keterangan afiliasi menggunakan catatat kaki dengan format penomoran angka yang ditulis di dalam tanda kurung. Jika penulis berasal dari satu instansi yang sama, tidak perlu ditambahkan catatan kaki.

Jika alamat email yang disertakan lebih dari satu, pada nama penulis juga ditambahkan keterangan kepemilikan masing-masing alamat email menggunakan catatan kaki dengan format penomoran huruf yang ditulis di dalam tanda kurung yang sama setelah penomoran instansi. Jika hanya menyertakan satu alamat email, tidak perlu ditambahkan catatan kaki.

Afiliasi ditulis setelah nama penulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt dengan format rata tengah dan dicetak miring (italic) serta spasi tunggal. Penulisan afiliasi terdiri dari dua baris untuk setiap instansi. Pada baris pertama dituliskan nama instansi secara lengkap kemudian pada baris kedua dituliskan alamat instansi dengan urutan nama jalan (beserta nomor bangunan jika ada), nama daerah (kabupaten/kota/ provinsi) diikuti kode pos, dan nama negara secara lengkap.

Jika penulis berasal dari beberapa instansi, seluruh instansi diperkenankan untuk ditulis. Pada awal nama instansi ditambahkan catatan kaki dengan format penomoran angka dalam tanda kurung. Jika penulis berasal dari satu instansi, tidak perlu ditambahkan catatan kaki.

Alamat email ditulis setelah afiliasi menggunakan format teks yang sama dengan ditambahkan spasi setelah teks (spacing after) sebesar 24 pt. Jika alamat email yang disertakan lebih dari satu, setiap alamat email dipisahkan dengan tanda koma dan diberikan catatan kaki. Catatan kaki ditulis didepan alamat email dengan format penomoran huruf dalam tanda kurung. Jika hanya menyertakan satu alamat email, tidak perlu ditambahkan catatan kaki.

Setelah penulisan profil ditambahkan keterangan waktu pengajuan dan penerimaan artikel dengan format “Diterima (Tanggal Bulan Tahun), Direvisi (Tanggal Bulan Tahun)”. Teks ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 pt dengan format rata tengah. Teks ditulis dengan spasi tunggal dan ditambahkan spasi setelah paragraph (spacing after) sebesar 24 pt.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam paragraf tunggal berbahasa Inggris dan Indonesia (abstrak Bahasa Inggris ditulis terlebih dahulu) yang berisi rangkuman isi artikel secara singkat dan jelas. Rangkuman dalam abstrak dituliskan secara urut, mulai dari tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan kesimpulan. Tidak diperbolehkan menulis keterangan tabel, keterangan gambar, sitasi, dan persamaan matematika dalam abstrak. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman berukuran 10 pt (rata kanan-kiri) dengan spasi tunggal dan dicetak miring untuk abstrak berbahasa Inggris. Abstrak terdiri dari maksimal 300 kata. Kata kunci berisikan kata-kata yang mewakili isi artikel sehingga memudahkan pembaca dalam pencarian artikel. Kata kunci sebaiknya menggunakan kata-kata konseptual diluar judul artikel. Kata kunci ditulis dengan huruf Times New Roman berukuran 10 pt dengan jumlah maksimal 5 kata kunci. Antara paragraf abstrak dan kata kunci dipisahkan dengan jarak 12 pt.

Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang uraian masalah dan tujuan beserta ruang lingkupnya yang menjadi latar belakang perlunya dilakukan penelitian. Permasalahan harus bersifat ilmiah dengan didukung oleh teori-teori yang mendasarinya. Pendahuluan juga harus disertai dengan rencana pemecahan masalah tersebut yang dilengkapi dengan hipotesis dari rencana tersebut.

Pendahuluan juga harus menunjukkan keunikan atau keistimewaan yang membedakan penelitian tersebut dengan penelitian-penelitian terkait, sehingga dibutuhkan referensi penelitian terkait sebagai pembanding.

Gambar

Gambar yang disisipkan dalam artikel harus memiliki kualitas yang baik dengan format “jpg” dan resolusi minimal 300 dpi. Detail yang hendak ditunjukkan dalam gambar harus dapat diperlihatkan dengan jelas termasuk jika dalam gambar terdapat teks maka teks tersebut harus terbaca dengan jelas. Setiap gambar harus memiliki keterangan yang dapat merepresentasikan apa yang ada dalam gambar dengan singkat dan jelas.

Gambar disisipkan di awal atau akhir kolom halaman. Tidak diperkenankan menyisipkan gambar di tengah kolom. Gambar disisipkan dengan format rata tengah dan jika ukurannya terlalu besar diperbolehkan untuk menyisipkan gambar memenuhi lebar halaman secara utuh (tanpa kolom halaman). Antara gambar dan teks dalam paragraf ditambahkan spasi 12 pt.

Keterangan gambar dituliskan dibawah Gambar dengan spasi tunggal dan ditambahkan jarak terhadap gambar (spacing before) sebesar 12 pt serta jarak terhadap teks paragraf dibawahnya (spacing after) sebesar 12 pt. Keterangan gambar ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt dengan tambahan caption berupa nomor gambar. Caption gambar ditulis di awal degan format cetak tebal (bold) dan tambahan tanda titik. Caption beserta keterangan gambar yang hanya berjumlah satu baris ditulis dengan format rata tengah. Caption beserta keterangan gambar yang berjumlah lebih dari satu baris ditulis dengan format rata kiri dengan baris kedua sejajar dengan keterangan gambar (tidak sejajar dengan caption).

Caption gambar digunakan untuk merujuk gambar dalam paragraf, ditulis dengan format cetak tebal. Diperkenankan untuk merujuk gambar terlebih dahulu (sebagai kalimat pengantar) sebelum gambar disisipkan. Isi gambar secara lebih detail harus dijelaskan dalam paragraf. 

Tabel

Tabel disisipkan di awal atau akhir kolom halaman. Tidak diperkenankan menyisipkan gambar di tengah kolom. Teks dalam tabel ditulis dengan ukuran huruf 11 pt. Jika tidak memungkinkan, diperbolehkan untuk memperkecil ukuran huruf sampai dengan 9 pt. Jika ukuran tabel terlalu besar, diperbolehkan untuk menyisipkan tabel memenuhi lebar halaman secara utuh (tanpa kolom halaman). Antara tabel dengan paragraf setelahnya ditambahkan spasi sebesar 12 pt. Garis tabel yang ditampilkan hanya garis horizontal atas dan bawah tabel serta garis horizontal pemisah antara label kolom dengan isi kolom pada tabel.

Keterangan tabel dituliskan di atas tabel dengan dengan spasi tunggal dan ditambahkan jarak terhadap tabel (spacing after) sebesar 6 pt serta jarak terhadap paragraf sebelumnya (spacing before) sebesar 12 pt. Keterangan tabel ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt dengan tambahan caption berupa nomor tabel. Caption tabel ditulis di awal degan format cetak tebal (bold) dan tambahan tanda titik. Caption beserta keterangan tabel yang hanya berjumlah satu baris ditulis dengan format rata tengah. Caption beserta keterangan gambar yang berjumlah lebih dari satu baris ditulis dengan format rata kiri dengan baris kedua sejajar dengan keterangan tabel (tidak sejajar dengan caption).

Jika tabel terlalu panjang dan harus terpotong ke kolom selanjutnya, pada bagian yang terpotong ditambahkan keterangan label kolom tanpa tambahan caption dan keterangan.

Caption tabel digunakan untuk merujuk tabel dalam paragraf, ditulis dengan format cetak tebal. Diperkenankan untuk merujuk tabel terlebih dahulu (sebagai kalimat pengantar) sebelum tabel disisipkan. Isi tabel secara lebih detail harus dijelaskan dalam paragraf.

Penulisan Persamaan atau Rumus

Persamaan yang disisipkan dalam artikel wajib ditulis menggunakan software Math Type. Pada setiap persamaan dilengkapi dengan penomoran yang ditulis di dalam tanda kurung dan diletakkan di sebelah kanan persamaan tepat pada batas margin kolom. Persamaan ditulis dengan jarak dari teks sebelumnya (spacing before) sebesar 12 pt dan jarak dari teks setelahnnya (spacing after) sebesar 12 pt. Jika disisipkan beberapa persamaan sekaligus, persamaan tersebut dipisahkan dengan spasi 6 pt.

Perujukan persamaan dalam paragraf ditulis dengan caption Persamaan X” dimana “X” menunjukkan nomor persamaan. Diperkenankan untuk merujuk persamaan terlebih dahulu (sebagai kalimat pengantar) sebelum persamaan tersebut disisipkan. 

Keterangan simbol/angka/huruf dalam persamaan ditulis dalam paragraf dan harus dilengkapi dengan satuan baku. Sebagai contoh pada Persamaan 2 dimana = resultan gaya (N), m = massa benda (kg),  = percepatan benda (m/s2).

Penulisan Sitasi

Sitasi/referensi yang digunakan dalam artikel ditulis dengan format IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Perujukan sitasi dalam artikel dilakukan dengan menuliskan nomor sitasi (contoh: [1] atau [1,2] jika lebih dari 1 sitasi) sesuai yang ditulis dalam Daftar Pustaka. Dalam satu artikel setidaknya memuat minimal 15 sitasi dan 80% diantaranya bersumber dari jurnal yang diterbitkan paling lama 10 tahun terakhir. Hindari penggunaan sitasi yang bersumber dari internet. Contoh penulisan sitasi dapat dilihat pada bagian Daftar Pustaka.

Metode Penelitian

Metode penelitian berisi uraian mengenai metode dan langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian yang ditulis secara lengkap, singkat, dan jelas. Jika terdapat rancangan atau desain yang digunakan dalam penelitian baik berupa rangkaian elektronik, rancangan mekanik, dan rancangan pendukung lainnya harus disertakan dalam metode beserta rinciannya. Metode juga harus dapat menjelaskan bagaimana cara mendapatkan data-data penunjang hasil penelitian. Isi dalam metode dibuat sedemikian rupa sehingga penelitian tersebut dapat dilakukan ulang kembali dengan hasil yang sama.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi uraian data yang diperoleh dari penelitian. Data hasil penelitian harus diolah dan jika memungkinkan dapat disajikan dalam bentuk tabel atau gambar/grafik. Setiap data yang disajikan harus dilengkapi dengan keterangan yang lengkap dan mudah dipahami.

Data hasil penelitian dipaparkan dengan jelas dan dikaitkan dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian. Pembahasan harus dilengkapi dengan referensi (bisa berupa hasil dari penelitian terkait) sehingga dapat menunjukkan keistimewaan atau keunikan yang diperoleh dari penelitian ini dibandingkan dengan penelitian tersebut Pembahasan juga harus memperjelas konsep latar belakang dengan data yang diperoleh kemudian mengaitkannya dengan hipotesis. Setiap topik yang dibahas diintegrasikan menjadi satu kesatuan hasil penelitian sebagai sebuah teori baru ataupun memodifikasi teori yang sudah ada.

Berisi esensi penelitian yang ditulis secara singkat dan jelas. Kesimpulan memuat jawaban atas permasalahan dan kesesuaiannya dengan tujuan penelitian.

Ucapan Terimakasih

Ucapan terimakasih merupakan bagian yang tidak wajib disertakan dalam artikel. Bagian ini dapat disertakan dalam artikel jika hendak mengucapan terimakasih yang ditujukan kepada institusi resmi atau perorangan sebagai penyandang dana atau telah memberikan kontribusi lain dalam penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka wajib ditulis menggunakan software Mendeley dengan format IEEE. Conth beberapa format penulisan daftar pustaka IEEE sebagai berikut (Panduan penulisan daftar pustaka format IEEE secara lengkap dapat diunduh di https://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf)

[1]     D. E. Knuth, Fundamental Algorithms, 2nd ed. Reading, MA: Addison-Wesley, 1973.

[2]     V. Bush, “As We May Think”, The Atlantic, vol. 176, no.1, pp. 101-108, July 1945.

[3]     X. Liu, “A Local Comparison Algorithm for VLSI Circuit Verification”, M.Comp.Sc. thesis, TUNS, Halifax, NS, 1993.

Download Template Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 200.00 (IDR)

  • Rp. 200.000 / Tulisan
  • Biaya diatas tidak termasuk pencetakan fisik (printed copy), JTAF mempublikasikan tulisan secara digital dengan E-ISSN melalui sistem OJS
  • Pembayaran dilakukan setelah naskah dinyatakan diterima untuk dipublikasikan ke BNI Nomor Rek: 0317542763 a/n Gurum Ahmad Pauzi.
  • Bukti pembayaran dikirimkan via email ke JTAF
  • Batas waktu pembayaran, paling lambat 7 hari setelah naskah disetujui untuk dicetak
  • Acceptance Letter akan dikirimkan jika bukti pembayaran telah diterima JTAF
  • Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Contact Journal


Jurnal Versi Cetak

Apabila dibutuhkan jurnal versi cetak (printed copy), dikenakan biaya Rp. 300.000 untuk biaya cetak dan pengiriman. Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Contact Journal

 


 



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.