Editorial Policies

Focus and Scope

Kami mengundang penulis untuk mengirimkan makalah maksimal 10 halaman dengan ketentuan penulis seperti yang dituliskan di petunjuk penulisan untuk penulis.

Ruang lingkup penulisan dalam jurnal ini meliputi:

1. Fisika Teori

  • Mekanika Klasik
  • Elektromagnetik
  • Termodinamika
  • Mekanika Statistik
  • Mekanika Kuantum
  • Teori Relativitas
  • Kuantum Gravitasi
  • Astrofisika
  • Kosmologi

 2. Fisika Bumi (Geofisika)

  • Geothermal
  • Geolistrik
  • Seismik
  • Geomagnet

3. Fisika Material

  • Nanomaterial
  • Logam dan Korosi
  • Material Magnetik
  • Thin Film
  • Fotokatalis/Katalis
  • Semikonduktor
  • Superkonduktor
  • Keramik
  • Polimer

4. Elektronika dan Instrumentasi

  • Sensor
  • Instrumentasi Biomedik
  • Instrumentasi Pertanian
  • Instrumentasi Lingkungan
  • Biofisika
  • Fisika Komputasi 
  • Laser

5. Fisika Nuklir

  • Keselamatan Reaktor
  • Analisis Neutronik
  • Manajemen Bahan Bakar dan Limbah

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang akan dipublikasi dalam Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika mengalami proses review oleh tim reviewer dan dewan editor. Semua proses review dilakukan dalam kerangka double-blind review. Pemimpin Redaksi menangani seluruh korespondensi dengan penulis dan membuat keputusan akhir mengenai apakah makalah tersebut direkomendasikan untuk para editor. Kemudian editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer dengan beberapa kemungkinan: ditolak, mayor revisi, minor revisi, atau diterima. Naskah akan dievaluasi oleh dua peer reviewer yang berkualitas yang dipilih oleh Pemimpin Redaksi. Biasanya dalam 3 minggu Pemimpin Redaksi memutuskan penerimaan atau penolakan makalah.

Makalah yang membutuhkan revisi akan dikembalikan kepada penulis, dan penulis harus mengembalikan naskah yang direvisi kepada Pemimpin Redaksi melalui OJS Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika. Pemimpin Redaksi mengirimkan naskah yang direvisi ke Dewan Editorial untuk memeriksa apakah naskah direvisi seperti yang disarankan oleh tim reviewer. Dewan Editorial dapat memberikan rekomendasi kepada Pemimpin Redaksi bahwa naskah harus dikembalikan kepada penulis, diterima, atau ditolak dalam waktu 1 minggu. Pemimpin Redaksi akan mengirim surat penerimaan yang mengumumkan masalah publikasi yang dilampirkan dengan cetak ulang manuskrip kepada penulis.

Pedoman Peninjauan untuk Reviewer disajikan dengan kotak teks terbuka seperti FORM REVIEWER yang akan memberikan kriteria kepada para Reviewer untuk menilai kesesuaian artikel untuk diterbitkan dalam jurnal, dan dapat mencakup instruksi khusus untuk menyiapkan ulasan yang efektif dan bermanfaat.

 

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka yang berarti bahwa semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau / lembaga. Pengguna diperbolehkan membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan Inisiatif Akses Terbuka Budapest.


Inisiatif Akses Terbuka Budapest

Sebuah tradisi lama dan teknologi baru telah menyatu untuk memungkinkan barang publik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tradisi lama adalah kesediaan para ilmuwan dan cendekiawan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal ilmiah tanpa bayaran, demi penyelidikan dan pengetahuan. Teknologi baru adalah internet. Barang publik yang dimungkinkannya adalah distribusi elektronik di seluruh dunia dari literatur jurnal yang ditelaah sejawat dan akses yang sepenuhnya bebas dan tidak terbatas padanya oleh semua ilmuwan, cendekiawan, guru, siswa, dan pikiran penasaran lainnya. Menghapus hambatan akses pada literatur ini akan mempercepat penelitian, memperkaya pendidikan, berbagi pembelajaran orang kaya dengan orang miskin dan orang miskin dengan orang kaya, menjadikan literatur ini bermanfaat seperti mungkin, dan meletakkan dasar untuk menyatukan umat manusia dalam intelektual umum percakapan dan pencarian pengetahuan.

Untuk berbagai alasan, jenis ketersediaan online gratis dan tidak terbatas ini, yang kami sebut akses terbuka, sejauh ini terbatas pada bagian kecil dari literatur jurnal. Tetapi bahkan dalam koleksi terbatas ini, banyak prakarsa yang berbeda telah menunjukkan bahwa akses terbuka secara ekonomi layak, yang memberikan pembaca kekuatan luar biasa untuk menemukan dan memanfaatkan literatur yang relevan, dan bahwa itu memberi penulis dan karya-karya mereka luas, visibilitas baru yang luas dan dapat diukur, pembaca, dan dampak. Untuk mengamankan manfaat ini bagi semua, kami meminta semua lembaga dan individu yang tertarik untuk membantu membuka akses ke literatur ini dan menghilangkan hambatan, terutama hambatan harga, yang menghalangi jalan. Semakin banyak yang bergabung dalam upaya untuk memajukan penyebab ini, semakin cepat kita semua akan menikmati manfaat dari akses terbuka.

Literatur yang harus dapat diakses secara online secara gratis adalah yang diberikan oleh para sarjana kepada dunia tanpa mengharapkan pembayaran. Terutama, kategori ini mencakup artikel jurnal peer-review mereka, tetapi juga mencakup pracetak yang tidak ditinjau bahwa mereka mungkin ingin menempatkan online untuk komentar atau untuk mengingatkan rekan kerja untuk temuan penelitian penting. Ada banyak derajat dan jenis akses yang lebih luas dan lebih mudah ke literatur ini. Dengan "akses terbuka" ke literatur ini, kami maksudkan ketersediaannya gratis di internet publik, memungkinkan setiap pengguna untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap dari artikel-artikel ini, merangkaknya untuk diindeks, meneruskannya sebagai data ke perangkat lunak, atau menggunakannya untuk tujuan sah lainnya, tanpa hambatan keuangan, hukum, atau teknis selain dari yang tidak terpisahkan dari memperoleh akses ke internet itu sendiri. Satu-satunya kendala pada reproduksi dan distribusi, dan satu-satunya peran hak cipta dalam domain ini, adalah memberi penulis kendali atas integritas karya mereka dan hak untuk diakui dan dikutip dengan benar.

Sementara literatur jurnal peer-review harus dapat diakses secara online tanpa biaya bagi pembaca, itu bukan tanpa biaya untuk memproduksinya. Namun, percobaan menunjukkan bahwa biaya keseluruhan untuk menyediakan akses terbuka ke literatur ini jauh lebih rendah daripada biaya bentuk penyebaran tradisional. Dengan kesempatan seperti itu untuk menghemat uang dan memperluas ruang lingkup diseminasi pada saat yang sama, saat ini ada insentif kuat bagi asosiasi profesional, universitas, perpustakaan, yayasan, dan lainnya untuk merangkul akses terbuka sebagai cara untuk memajukan misi mereka. Untuk mencapai akses terbuka akan membutuhkan model pemulihan biaya baru dan mekanisme pembiayaan, tetapi biaya keseluruhan yang lebih rendah dari penyebaran adalah alasan untuk yakin bahwa tujuannya dapat dicapai dan tidak hanya disukai atau utopis.


Untuk mencapai akses terbuka ke literatur jurnal ilmiah, kami merekomendasikan dua strategi yang saling melengkapi.

  1. Pengarsipan Diri: Pertama, para sarjana membutuhkan alat dan bantuan untuk menyimpan artikel jurnal wasit mereka di arsip elektronik terbuka, praktik yang biasa disebut pengarsipan diri. Ketika arsip ini sesuai dengan standar yang dibuat oleh Open Archives Initiative, maka mesin pencari dan alat lain dapat memperlakukan arsip terpisah sebagai satu. Pengguna kemudian tidak perlu tahu arsip mana yang ada atau di mana mereka berada untuk menemukan dan memanfaatkan konten mereka.
  2. Jurnal akses-terbuka: Kedua, para sarjana membutuhkan sarana untuk meluncurkan generasi jurnal baru yang berkomitmen untuk membuka akses, dan untuk membantu jurnal-jurnal yang ada yang memilih untuk melakukan transisi ke akses terbuka. Karena artikel jurnal harus disebarluaskan seluas mungkin, jurnal-jurnal baru ini tidak lagi menggunakan hak cipta untuk membatasi akses dan penggunaan materi yang mereka terbitkan. Sebaliknya mereka akan menggunakan hak cipta dan alat-alat lain untuk memastikan akses terbuka permanen ke semua artikel yang mereka terbitkan. Karena harga merupakan penghalang untuk mengakses, jurnal-jurnal baru ini tidak akan membebankan biaya berlangganan atau akses, dan akan beralih ke metode lain untuk menutupi pengeluaran mereka. Ada banyak alternatif sumber dana untuk keperluan ini, termasuk yayasan dan pemerintah yang mendanai penelitian, universitas dan laboratorium yang mempekerjakan peneliti, dana abadi yang dibentuk oleh disiplin atau institusi, teman-teman dari penyebab akses terbuka, keuntungan dari penjualan tambahan -pada teks-teks dasar, dana dibebaskan oleh kehancuran atau pembatalan jurnal yang membebankan biaya langganan tradisional atau akses, atau bahkan kontribusi dari para peneliti itu sendiri. Tidak perlu memihak salah satu solusi ini daripada yang lain untuk semua disiplin ilmu atau negara, dan tidak perlu berhenti mencari alternatif lain yang kreatif.

Akses terbuka ke literatur jurnal peer-review adalah tujuannya. Pengarsipan diri (1.) dan generasi baru jurnal akses-terbuka (2.) Adalah cara untuk mencapai tujuan ini. Mereka tidak hanya sarana langsung dan efektif untuk tujuan ini, mereka berada dalam jangkauan ulama sendiri, segera, dan tidak perlu menunggu perubahan yang disebabkan oleh pasar atau undang-undang. Sementara kami mendukung dua strategi yang baru saja diuraikan, kami juga mendorong eksperimen dengan cara-cara lebih lanjut untuk melakukan transisi dari metode diseminasi sekarang ke akses terbuka. Fleksibilitas, eksperimen, dan adaptasi dengan keadaan lokal adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kemajuan di berbagai pengaturan akan cepat, aman, dan berumur panjang.


Lembaga Masyarakat Terbuka, jaringan yayasan yang didirikan oleh dermawan George Soros, berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dana awal untuk mewujudkan tujuan ini. Ini akan menggunakan sumber daya dan pengaruhnya untuk memperluas dan mempromosikan pengarsipan diri secara institusional, untuk meluncurkan jurnal akses-terbuka baru, dan untuk membantu sistem jurnal akses-terbuka menjadi mandiri secara ekonomi. Sementara komitmen dan sumber daya Open Society Institute sangat besar, inisiatif ini sangat membutuhkan organisasi lain untuk meminjamkan upaya dan sumber daya mereka.
 
Kami mengundang pemerintah, universitas, perpustakaan, editor jurnal, penerbit, yayasan, masyarakat terpelajar, asosiasi profesional, dan cendekiawan individual yang berbagi visi untuk bergabung dengan kami dalam tugas menghilangkan hambatan untuk membuka akses dan membangun masa depan di mana penelitian dan pendidikan di setiap bagian dunia jauh lebih bebas untuk berkembang.
 
14 Februari 2002
Budapest, Hungaria
 
Leslie Chan: Bioline International
Darius Cuplinskas: Director, Information Program, Open Society Institute
Michael Eisen: Public Library of Science
Fred Friend: Director Scholarly Communication, University College London
Yana Genova: Next Page Foundation
Jean-Claude Gu don: University of Montreal
Melissa Hagemann: Program Officer, Information Program, Open Society Institute
Stevan Harnad: Professor of Cognitive Science, University of Southampton, Universite du Quebec a Montreal
Rick Johnson: Director, Scholarly Publishing and Academic Resources Coalition (SPARC)
Rima Kupryte: Open Society Institute
Manfredi La Manna: Electronic Society for Social Scientists 
Istv n R v: Open Society Institute, Open Society Archives
Monika Segbert: eIFL Project consultant 
Sidnei de Souza: Informatics Director at CRIA, Bioline International
Peter Suber: Professor of Philosophy, Earlham College & The Free Online Scholarship Newsletter
Jan Velterop: Publisher, BioMed Central

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi. More...

 

Publication Ethics

Pernyataan etika kami didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Keputusan publikasi

Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Permainan yang adil

Seorang editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit.

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Reviewer

  • Kontribusi terhadap Keputusan Editorial. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.
  • Kecepatan. Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa peninjauan yang cepat tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan minta diri dari proses peninjauan.
  • KerahasiaanSetiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  • Standar Objektivitas Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.
  • Pengungkapan dan Konflik Kepentingan Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.

Tugas Penulis

  • Standar pelaporan Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Orisinalitas dan Plagiarisme Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
  • Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Pengakuan Sumber. Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.
  • Karangan Kertas Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.
  • Pengungkapan dan Konflik Kepentingan Semua penulis harus mengungkapkan dalam manuskrip mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan. Kesalahan mendasar dalam karya yang dipublikasikan Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.
  • Pengungkapan dan Konflik Kepentingan Semua penulis harus mengungkapkan dalam manuskrip mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.
  • Kesalahan mendasar dalam karya yang dipublikasikan Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.

Silakan isi Pernyataan Izin Etis untuk dimasukkan sebagai file lampiran saat pengiriman (Kirim artikel) diunduh

 

Publication Frequency

Frekuensi Publikasi

Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2013 dan secara teratur diterbitkan dua kali per tahun pada bulan Januari dan Juli. pada edisi Januari, artikel diterima paling lambat awal Desember. Naskah edisi Juli menerima selambat-lambatnya awal Juni.


 

Indexing

Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, diindeks dalam :

  1. Google Scholar
  2. GARUDA
  3. ROAD 
  4. DOI Crossref
  5. ESJI: Eurasian Scientific Journal Index 
  6. Moraref
  7. ESJI
  8. ResearchBib
 

   

 

 

 

Recommended Tools

Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika menggunakan : 
  1. Grammarly
  2. Mendeley
  3. iThenticate
  4. Mathtype 
   

 

Plagiarism Check

Skrining plagiarisme akan dilakukan oleh Dewan Editorial OJS menggunakan Profesional Plagiarism Prevention iThenticate CrossCheck

 

Lisensi

Lisensi ini adalah lisensi ringkas (dan bukan merupakan pengganti) dari lisensi lengkapPenyangkalan.

Anda diperbolehkan:

  • Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini
  • Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.

Berdasarkan ketentuan berikut:

Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.

Pemberitahuan:

  • Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan.
  • Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.


 

Retraction

Pencabutan

Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika akan dipertimbangkan untuk ditarik kembali dalam publikasi jika :

  1. mereka memiliki bukti yang jelas bahwa temuan tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan perilaku (mis. pemalsuan data atau kesalahan perhitungan
  2. temuan sebelumnya telah diterbitkan ditempat lain tanpa izin (mis. kasus publikasi yang berlebihan)
  3. iru merupakan plagiarisme
  4. melaporkan penelitian yang tidak etis 



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.