PENGARUH DUA JENIS PAKAN TERHADAP LAMA STADIUM LARVA KUMBANG Tenebrio molitor (COLEOPTERA: TENEBRIONIDAE)

Rahmawati Rahmawati, Nismah Nukmal, Suratman Umar

Abstract


Tenebrio molitor merupakan serangga yang memiliki nilai ekonomis dan mudah dipelihara. Pemberian pakan yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi dari T. molitor. Ragi merupakan pakan utama T. molitor yang dapat  meningkatkan proses pencernaannya sehingga pertumbuhan dapat mencapai optimal. Sedangkan styrofoam merupakan bahan polistiren yang dapat menjadi pakan alternatif bagi T. molitor.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dua jenis pakan (ragi dan styrofoam) terhadap lama stadium larva kumbang T. molitor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen skala laboratorium menggunakan Rancangan Acak  Kelompok dengan 10 kali pengulangan. Parameter yang diamati dalam penelitian adalah panjang larva, berat larva, lama stadium larva, dan berat pakan yang dimakan.  Data yang diperoleh dari penelitian selanjutnya dianalisis dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan pakan mempengaruhi berat larva, panjang larva, dan lama stadium larva (p < 0,05).  Larva  T. molitor yang diberi pakan ragi lebih singkat stadiumnya dibandingkan dengan yang diberi pakan styrofoam.

Keywords


Tenebrio molitor; ragi; styrofoam; stadium; Rancangan Acak Kelompok

Full Text:

PDF

References


BADAN POM RI. 2008. Polistirena Foam (Styrofoam).

Borror , D.J, C. A. Triplehorn dan N. F. Johnson. 1982. Pengenalan Pelajaran Serangga. Edisi ke-6. Terjemahan: Partosoedjono, S. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. 1981. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bharatara Karya Aksara. Jakarta.

Dish, C. 2006. Superworms, Mealworms, and Giant Mealworms. Diakses : www.chameleonsdish.com/insects/wormdiff.htm. Diunduh :11 Juli 2008

Setyolaksono, M.P. 2014. Tenebrio molitor Hama Pasca Panen yang Bermanfaat. [internet]. Diunduh pada (12 Februari 2016). Tersedia pada http://ditjenbun.pertanian.go.id/bbpptpambon/berita-309-tenebrio-molitor-hama-pascapanen-yang-bermanfaat.html

Sihombing, D. T. H. 1999. Satwa Harapan I: Cacing Tanah, Bekicot, Keong, Kupu-kupu, Ulat Hongkong. Pengantar Ilmu dan Teknologi Budidaya. Pusaka Wirausaha Muda. Bogor.

Sitompul, R.S. 2006. Pertumbuhan Dan Konversi Pakan Ulat Tepung (Tenebrio molitor L.) Pada Kombinasi Pakan Komersial Dengan Dedak Padi, Onggok dan Pollard. IPB. Skripsi Penelitian.

Sulchan, M . dan N.W. Endang. 2007. Keamanan Pangan Kemasan Plastik dan Styrofoam. UNDIP. Semarang.

Widodo. 2011. Fermentasi Ragi Tape. [internet]. Diunduh pada( 23 Mei 2016). Tersedia pada http://far71. wordpress.com/2011/06/16/fermentasi-ragi-tape/.

Wu. W, Zhao. J, dan Yang, R. 2015. Biodegradation and Mineralization of Polystyrene by Plastic-Eating Mealworms: Part 1.Chemical and Physical Characterization and Isotopic Test. Environ. Sci. Technol., 2015, 49, 12080−12086.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fj-bekh.v4i2.2193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.