PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA NH4NO3 (AMMONIUM NITRAT) TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH SORGUM (Sorgum bicolor (L.) Moench)

Rachma Aulia, Tundjung T. Handayani, Yulianty Yulianty, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Sorgum merupakan tanaman serealia yang dibudidayakan di Indonesia karena memiliki kemampuan adaptasi yang baik serta relatif tahan terhadap hama dan penyakit. Dalam budidaya tanaman sorgum memerlukan tambahan unsur N dari luar karena unsur N mudah tercuci atau menguap, unsur N dapat ditambahkan dalam bentuk senyawa NH4NO3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senyawa NH4NO3 dan konsentrasi yang efektif dari senyawa NH4NO3 pada pertumbuhan kecambah sorgum. Peneitian ini dilaksanakan bulan November-Desember 2017 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 taraf konsentrasi sebagai perlakuan yakni : 0 % (kontrol), 5 %, 10%, 15%, dan 20%. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, berat kering, rasio tunas akar, klorofil a, klorofil b dan klorofil total. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan analisis ragam pada α 5% jika terdapat perbedaan akan dilakukan uji lanjut dengan uji beda nyata jujur (BNJ) pada α 5%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pemberian senyawa NH4NO3 memberikan pengaruh yang nyata terhadap tinggi tanaman, berat kering, klorofil a, dan klorofil total tanaman sorgum. Akan tetapi tidak memberi pengaruh nyata terhadap rasio tunas akar dan klorofil b. Dengan demikian pemberian senyawa NH4NO3 pada konsentrasi 15% memberikan pengaruh yang efektif pada variabel tinggi tanaman, berat kering, klorofil a,dan klorofil total tanaman sorgum.

Keywords


NH4NO3; Unsur Hara; Sorgum bicolor (L.) Moench

Full Text:

PDF

References


Andalasari, T. 2014. Respon Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Terhadap Jenis Media Tanam dan Pupuk Daun. Lampung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Vol: 14 No :1 ISSN 1410.

Fahmi, A. 2010. Pengaruh Interaksi Hara Nitrogen dan Fosfor Terhadap Pertumbuahan Tanaman Jagung (Zea mays L.) pada

Tanah Regosol dan Latosol. Banjarbaru.Berita Biologi Vol : 10 No : 3.

Hasanah, U dan Yudono, 2010. Pengaruh Salinitas Terhadap Komponen Hasil Empat Belas Kultivar Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench). Hasil Penelitian Universitas Gajah Mada 1: 7-12. Jurnal Perakitan dan Pengembangan Varietas Unggul Sorgum untuk Pangan, Pakan, dan Bioenergi. IPTEK Tanaman Pangan Vol. 9 No. 1

Lindawati, N., Izhar dan H. Syafira. 2000. Pengaruh Pemupukan Nitrogen dan Interval Pemotongan Terhadap Produktivitas dan Kualitas Rumput Lokal Kumpai pada Tanah Podzolik Merah Kuning. Jurnal Penelitian dan Pertanian Tanaman Pangan Vol : 2 No : 2 : 130-133.

Napitupulu, D. dan L. Winarto. 2010. Pengaruh Pemberian Pupuk N dan K terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah. J. Hort. 20(1):27-35, 2010.

Sirappa M P.2003. Prospek pengembangan sorgum di Indonesia sebagai komoditas alternatif untuk pangan, pakan, dan industri. Jurnal Litbang Pertanian,22(4):133-140.

Sirait, J. 2008. Leaf area, chlorophyll content, and relative growth rate of grass on different shading and fertilization. JITV 13(2): 109- 116.

Suharno. 2007. Efisisensi Penggunaan Nitrogen pada Tipe Vegetasi yang Berada di Stasiun Penelitian Cikaniki, Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jawa Barat. Jurnal Biodiveritas. Vol : 8 No: 4.

Winarto. 2013. Pengaruh Medium Dasar dan Amonium Nitrat Terhadap Pembentukan, Regenerasi Kalus, dan Penggandaan Tunas Hasil Kultur Anther Anthurium. Cianjur. J. Hort. Vol : 23 No :1




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fj-bekh.v5i1.2175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


J-BEKH: Jurnal Ilmiah Biologi Eksperimen dan Keanekaragaman Hayati
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Lampung
Jl. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandarlampung
Lampung 35145


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.