PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA KNO3 (KALIUM NITRAT) TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench)

Puput Dian Anggraini, Tundjung T. Handayani, Yulianty Yulianty, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Sorgum (Sorghum bicolor L.) merupakan salah satu jenis tanaman serealia yang memiliki banyak manfaat mulai dari bijinya hingga batang dan daunnya. Di Indonesia budidaya tanaman sorgum dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah unsur hara. Unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sorgum berupa unsur nitrogen (N) dan kalium (K). Salah satu senyawa yang mengandung unsur N dan K adalah KNO3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senyawa KNO3 dan konsentrasi senyawa KNO3 yang tepat untuk pertumbuhan kecambah sorgum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan NovemberDesember 2017 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkapdengan 5 taraf konsentrasi KNO3 0 % (kontrol), 5 %, 10%, 15%, dan 20%. Variabel yang di amati yaitu tinggi tanaman, rasio tunas akar, berat kering tanaman, klorofil a, b dan total. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan analisis ragam pada α 5% jika terdapat perbedaan akan dilakukan uji lanjut dengan uji beda nyata jujur (BNJ) pada α 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian senyawa KNO3 memberikan pengaruh yang nyata terhadap tinggi tanaman, berat kering, ratio tunas akar, klorofil a, b dan total. Konsentrasi KNO3 20% adalah yang efektif untuk pertumbuhan kecambah sorgum.

Keywords


KNO3; sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench); unsur hara

References


Firmansyah,I.,Syakir,M.,Lukman,L.2017.Pengaruh Kombinasi Dosis Pupuk N, P, dan K Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L.) [The Influence of Dose Combination Fertilizer N, P, and K on Growth and Yield of Eggplant Crops (Solanum melongena L.)]. Jurnal Hortikultura.27(1):69-78.

Hanafiah, K.A.2007.Dasar-Dasar Ilmu Tanah.Ed. 1-2. Erlangga.Jakarta.358 hlm.

Koten, B.B., Soetrisno, D.R., Ngadiyono, N., Suwignyo, B.2012. Produksi Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) Varietas Lokal Rote Sebagai Hijauan Pakan Ruminansia Pada Umur Panen Dan Dosis Pupuk Urea Yang Berbeda. Buletin Peternakan.36 (3): 150-155.

Lingga, P. dan Marsono. 2008. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Muhar, T. J., Handayani, T.T., Lande, L.M. 2015.Pengaruh KNO3 dan Cahaya Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Kecambah Benih Padi (Oryza Sativa L.) Varietas Ciherang.Prosiding Seminar Nasional

Swasembada Pangan. ISBN 978-602-70530-2-1.137-144.

Silahooy, C.2008. Efek Pupuk KCl dan SP-36 Terhadap Kalium Tersedia, Serapan Kalium dan Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Pada Tanah Brunizem.Buletin Agronomi. 36 (2): 126 – 132.

Sonbai, J.H.H., Prajitno D., Syukur A.2013.Pertumbuhan dan Hasil Jagung Pada Berbagai Pemberian Pupuk Nitrogen Di Lahan Kering Regosol.Ilmu Pertanian.16(1).

Widiowati, S., R. Nurjanah, dan W. Amrinola. 2010. Proses Pembuatan dan Karakterisasi Nasi Sorgum Instan. Prosiding Pekan Serealia Nasional Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fj-bekh.v5i1.2174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


J-BEKH: Jurnal Ilmiah Biologi Eksperimen dan Keanekaragaman Hayati
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Lampung
Jl. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandarlampung
Lampung 35145


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.