PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA KCL TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench)

Nur Isfa’ni, Tundjung T. Handayani, Yulianty Yulianty, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman serealia yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Namun masih banyak budidaya tanaman sorgum yang di tanam di lahan marginal, upaya peningkatan produktivitas tanaman sorgum tidak bisa hanya mengandalkan hasil yang ditanam pada lahan marginal saja, untuk itu perlu ada nya penambahan unsur hara berupa Kalium dalam meningkatkan produktivitas tanaman sorgum. Unsur K yang bersifat dinamis sehingga mudah tercuci perlu ditambahkan dalam bentuk senyawa KCl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senyawa KCl dan konsentrasi yang efektif dari senyawa KCl pada pertumbuhan kecambah sorgum. Peneitian ini dilaksanakan bulan November-Desember 2017 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Peneitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 taraf konsentrasi sebagai perlakuan yakni : 0 % (kontrol), 10 %, 20%, 30%, dan 40%. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, berat kering tanaman, klorofil a, klorofil b dan klorofi total. Data yang diperoleh di homogenitaskan dengan uji lavenne setelah homogen di analisis dengan analisis ragam (ANARA) pada α 5% jika terdapat perbedaan yang nyata maka akan dilakukan uji lanjut dengan uji beda nyata jujur (BNJ) pada α 5%. Hasil penelitian menunjukkan senyawa KCl memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sorgum, pengaruh yang terlihat nyata hanya pada variabel rasio tunas akar sedangkan variabel lainnya memberikan pengaruh yang sama. Dan terdapat pemberian senyawa KCl yang efektif yaitu pada konsentrasi 10% yang terlihat jelas pada variabel rasio tunas akar tanaman sorgum.

Keywords


Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench); Unsur Hara; Senyawa KCl

Full Text:

PDF

References


Farhad, I.S,M., Islam, S. Hoque, and M.S.I.Bhuiyan. 2010. Role of Potassium and Shulpur on the Growth, yield, and Oil Content of Soybean (Glycine max L.). Ac. J. Plant Sci, 3(2):99-103. Bangladesh

Fargeria, NK., M.P.B. Filho, and J.H.C. Da Costa. 2009. Potassium in the Use of Nutrients in Crop Plants. CRC Press Taylor and Francis Group, Boca Raton, London, New YORK. 131-163.

Narsih, Yunianta and Harijono. 2012. The Study of Germination and Soaking Time to Improve nutritional quality of Sorghum seed. International Food Research Journal 19 (4): 1429-1432.

Malang.

Novizan. 2005. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agromedia Pustaka. Jakarta. 114 Hlm.

Roidah, I.S. 2013. Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Universitas Tuluagung Bonorowo. 1(1):30-42.

Sirappa , M P. 2003. Prospek Pengembangan Sorgum di Indonesia Sebagai Komoditas Alternatif untuk Pangan, Pakan dan Industri. Jurnal Litbang Pertanian, 22(4). Makassar.

Sumadi. 2007. Nutrien Mineral. http://www.elearning.unej.ac.id. 7 hal.

Suntoro, W.A. 2002. Peranaan Bahan Organik Terhadap Kesuburan Tanah Dan Upaya Pengelolaannya. Universitas Sebelas

Maret. Surakarta.

Sutedjo, M. M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Taufiq, A. 2002. Status P dan K lahan kering tanah alfisol pulau Jawa dan Madura serta optimasi pemupukannya untuk tanaman kacang tanah. Prosiding Seminar Nasional dan Pertemuan Tahunan Komisariat Daerah Himpunan Ilmu Tanah Indonesia. 16-17 Desember 2002. Hal. 94-103. Malang.

Wahida. 2011. Karakterisasi Mutu Gizi Dan Diversifikasi Pangan Berbasis Sorgum (Sorghum vulgare). Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fj-bekh.v5i1.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


J-BEKH: Jurnal Ilmiah Biologi Eksperimen dan Keanekaragaman Hayati
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Lampung
Jl. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandarlampung
Lampung 35145


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.