MODUL BERBASIS INKUIRI SEBAGAI PENYERTA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Dr. Suciati Sudarisman, M.Pd.

Abstract


Sesuai  hakikatnya sebagai sains, pembelajaran biologi seharusnya mengacu pada proses, produk dan sikap (Carin & Sund, 1990). Pembelajaran biologi idealnya dapat mendorong peserta didik mampu mengkonstruk pengetahuannya  secara mandiri melalui pengalaman belajar. Untuk itu perlu perubahan paradigma dari pengetahuan ke arah berpikir melalui sains (biologi sebagai cara menyelidiki) ke level yang paling tinggi yaitu berpikir sains (biologi sebagai cara berpikir).    Pembelajaran bersifat verbal dan tekstual diubah ke arah manual dan kontekstual. Namun demikian, dalam praktik pembelajaran biologi di sekolah keberadaan buku bacaan sebagai sumber belajar tampaknya merupakan suatu keharusan dihadirkan dalam kegiatan pembelajaran. Tanpa disadari hal tersebut telah menggiring  ke arah pembelajaran yang tekstual dan hafalan. Sesuai konteksnya, buku sumber memang disusun untuk menyajikan materi pembelajaran (content) sesuai jenjang dan tingkatan pendidikan. Isi materinya cenderung sarat, bahkan kadang-kadang melebihi dari apa yang diamanahkan pada kurikulum. Akan tetapi tanpa menghadirkan buku bacaan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran merupakan suatu hal yang mustahil dilakukan.   Kesenjangan tersebut mendorong munculnya gagasan  untuk menyusun sebuah sumber belajar biologi berupa modul berbasis inkuiri sebagai penyerta dalam pembelajaran. Modul berbasis inkuiri merupakan salah satu sumber belajar berupa sajian materi yang dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan produktif beserta latihan keterampilan proses sains  melalui penemuan,  dilengkapi dengan soal-soal evaluasi pembelajaran. Melalui modul ini diharapkan peserta didik tidak  sekedar menghafalkan materi tetapi dilatih menganalisis pertanyaan atau wacana yang ada, sehingga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir terutama berpikir kritis. Kehadiran modul berbasis inkuiri setidaknya dapat menjadi salah satu alternatif solusi terhadap permasalahan kecenderungan pembelajaran biologi bersifat hafalan dan tekstual seperti yang banyak terjadi dalam praktik pembelajaran biologi di sekolah saat ini.       Kata Kunci : Modul, Modul Berbasis Inkuiri, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.