PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Habibie Titus Prastya Negara, Syofnidah Ifrianti, Eko Kuswanto

Abstract


Materi pengelolaan lingkungan untuk kelas VII semester genap erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar peserta didik. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP. Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) merupakan pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan alam sekitar peserta didik baik lingkungan fisik, sosial, maupun budaya sebagai obyek belajar biologi yang fenomenanya dipelajari melalui kerja ilmiah. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran materi Pengelolaan Lingkungan melalui penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) di kelas VII C SMPN 4 Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan II mempelajari submateri penebangan hutan dan pencemaran air; siklus III pada submateri pencemaran tanah dan udara. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan kualitas hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu hasil tes di akhir siklus pada minimal 75% dari jumlah peserta didik mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) =73. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai setiap akhir siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 82,83 dengan persentase ketuntasan belajar 81%; siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,66 dengan pesentase ketuntasan belajar 87%; dan siklus III nilai rata-rata menjadi 91,66 dengan ketuntasan belajar 100%.

Keyword: Penelitian tindakan kelas,pendekatan jelajah alam sekitar,model think pair share, pengelolaan lingkungan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.