Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi dalam model pembelajaran langsung terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi siswa SMA Negeri Kota Bengkulu dan sampel diambil menggunakan teknik Sampling Purposive. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan 15 buah tes pemahaman konsep fisika berbentuk pilihan ganda beralasan dan angket minat belajar siswa. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen dan ANAVA. Hasil penelitian ialah (1) terdapat pengaruh media animasi dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap minat belajar fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu dengan thitung = 8,039 ˃ ttabel = 1,960 pada taraf signifikan 95%. Besar pengaruh media animasi dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap minat belajar fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu adalah sebesar d = 15 % (2) Terdapat pengaruh media animasi dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota bengkulu thitung ˃ ttabel = 1,960 pada taraf signifikan 95%. Besar pengaruh media animasi dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu adalah sebesar d = 24%.
Kata kunci: Model pembelajaran langsung (Direct Instruction), media animasi berbasis
Macromedia Flash, minat belajar, pemahaman konsep fisika
Article Metrics
Abstract view : 12948 timesPDF - 20987 times
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.