Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu

Indra Sakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi dalam  model pembelajaran langsung terhadap minat belajar dan  pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi siswa   SMA   Negeri   Kota Bengkulu dan sampel  diambil  menggunakan  teknik  Sampling  Purposive.  Pengambilan  data  penelitian dengan menggunakan 15 buah tes pemahaman konsep fisika berbentuk pilihan ganda beralasan dan angket minat belajar siswa. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen dan ANAVA. Hasil penelitian ialah (1) terdapat pengaruh media animasi dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction)   terhadap minat belajar fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu dengan  thitung = 8,039 ˃ ttabel = 1,960  pada taraf signifikan 95%.  Besar  pengaruh  media  animasi  dalam     Model  Pembelajaran  Langsung  (direct instruction) terhadap minat belajar fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu adalah sebesar d = 15 % (2) Terdapat pengaruh media animasi dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota bengkulu thitung ˃ ttabel = 1,960 pada taraf signifikan 95%.   Besar pengaruh media   animasi   dalam   Model   Pembelajaran   Langsung   (direct   instruction)   terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu adalah sebesar d = 24%.

 

Kata kunci: Model pembelajaran langsung (Direct Instruction), media animasi berbasis

Macromedia Flash, minat belajar, pemahaman konsep fisika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.