PENGRUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIK GEOMETRI KELAS X SMA St.YOSEPH MEDAN

Derlina Derlina, Melda Irmawati Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pokok Optik Geometri di SMA Swasta St.Yoseph Medan T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II Swasta St.Yoseph yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, pembelajaran berbasis masalah di kelas X-1 dan pembelajaran konvensional di kelas X-2 yang jumlahnya masing-masing 35 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terdiri dari 5 option yang terlebih dahulu divalidkan oleh validator. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 29,71 dengan standar deviasi 10,49 dan rata-rata postes  71,71 dengan standar deviasi 11,87, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 34,43 dengan standar deviasi 9,29 dan rata-rata postes 66,42 dengan standar deviasi 10,11. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh = 2,01 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel (2,01 > 1,99) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Instruction) terhadap hasil belajar siswa  pada  materi  pokok     Optik  Geometri  di  SMA  Swasta  St.Yoseph  Medan  T.A 2011/2012.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.