Penggunaan Model Inquiry Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Sejarah Fisika Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fkip Univeristas Bengkulu

NIRWANA NIRWANA

Abstract


Judul penelitian tindakan kelas di atas dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk membangun knowledge-based society habits, meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika yang dibantu oleh empat mahasiswa tingkat atas. Data yang diperoleh melalui tes hasil belajar dan lembar observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I dengan skor 16 dalam kategori kurang, siklus II dengan skor 20 dalam kategori cukup, dan pada siklus III dengan skor 26 kategori baik. Hasil belajar mahasiswa dalam aspek pemahaman konsep pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 62,5% (belum tuntas); pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 77,5% (tuntas), dan pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 87,5% (tuntas). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model inquiry berbasis ICT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar
mahasiswa prodi fisika pada mata kuliah  Sejarah Fisika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.