Development of Physics Material Based on Virtual Experiment To Improve Student Competence

Pakhrur Razi

Abstract


Kurangnya fasilitas dan sumber belajar siswa yang dapat digunakan untuk menkonstruksi pengetahuannya secara mandiri menjadi hal yang sangat penting untuk dicermati, dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran dalam betuk virtual eksperimen. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar dalam bentuk LKS (lembar Kerja Siswa) untuk perangkat virtual eksperiment yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa. LKS yang dikembangkan adalah untuk materi kinematikan dan dinamika gerak yang diajarkan di kelas X SLTA. Penelitian R&D ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: studi pendahuluan, pengembangan produk dan evaluasi. Studi pendahuluan diawali dengan studi literature tentang virtual eksperimen, analisis kurikulum. Tahap kedua, merancang RPP, LKS untuk virtual eksperimen, melakukan validasi pada tenaga ahli serta tahap ketiga, melakukan eksperimen di sekolah untuk melihat tingkat praktikalitas dan efektifitas penggunakan produk yang dikembangkan. Sekolah yang menjadi sampel adalah RSMAN 1 BI Padang panjang dan RSMAN 1 BI Lubuk Sikaping.Berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai sebesar 85,32, nilai ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dengan kategori BAIK. Nilai efektifitas berdasarkan analisis perbandingan rata-rata berkolerasi pada signifikansi 5% diperoleh thitung lebih kecil dari ttabel sehingga dapat simpulkan bahwa perangkat virtual eksperimen effektif untuk meningkatkan kompetensi siswa.

Keywords : Virtual eksperiment, eksperimen virtual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.