PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 1 STABAT

Ratna Tanjung, Habiba Ramadhani

Abstract


Model kooperatif tipe STAD, yaitu suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar dalam bentuk kelompok. Model pembelajaran ini diintegrasikan dengan pendidikan karakter, dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan integrasi karakter terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar fisika siswa kelas X Semester II pada materi pokok Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Stabat T.A 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Stabat yang berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XB (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XA (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 28 orang pengambilan sampel ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian ini ada 2 yaitu tes dan lembar observasi. Tes berjumlah 15 item bentuk pilihan ganda dengan 5 option, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42.22. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 69,34 dan kelas kontrol 61,96. Hasil observasi diperoleh bahwa pembentukan karakter siswa pada kelas eksperimen meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan keempat, sedangkan kelas kontrol ada yang meningkat dan ada pula yang menurun. Secara keseluruhan diperoleh bahwa pembentukan karakter siswa pada kelas eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan persentase peningkatan karakter sebesar 10%. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,008 sedangkan ttabel = 1,673. Karena thitung > ttabel (2,008 >1,673) maka Ho ditolak, dan Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD integrasi karakter terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Medan T.A 2011/2012.

Keywords : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembentukan karakter dan hasil belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.