PENGEMBANAGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL GURU FISIKA SMA/MA

Azhar Azhar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangan instrumen penilaian kompetensi sosial Guru Fisika SMA/MA. Validitas butir dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan dilakukan melalui tiga tahap yaitu (1) penilaian panal melalui pakar, (2) melakukan ujicoba pada sampel dari pupulasi yang berbeda dan (3) melakukan anlisis faktor. Hasil penilaian 20 pakar untuk indikator dengan butir instrumen penilaian kompetensi sosial diperoleh reliabilitas interater sebesar 0,821. Hasil ujicoba empiris tahap pertama kepada 30 guru fisika dari 55 butir instrumen yang dikembangkan diperoleh 37 butir valid yang dihitung dengan rumus product moment dan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,929. Hasil analisis faktor dari data uji coba empiris II dengan SPSS 11,5 for Windows diperoleh bahwa, (1) KMO 0,762 dan terdapat 2 butir (nomor 2 dan 28) yang tidak valid dengan nilai AIC-MSA berturut-turut 0,482 dan 0,489 (kurang dari 0,5), untuk itu kedua butir dikeluarkan dan 35 butir valid dengan KMO-nya 0,769 yang menunjukkan sudah memenuhi persyaratan, (2) indikator-indikator yang dikembangkan sesuai dengan konstruks, setiap indikator yang memiliki muatan faktor besar dari 0,30 dan  (3) setelah melakukan rotasi terhadap analisis data “varimax rotation” menunjukkan terdapat 12 faktor yang memiliki eigen value sama atau lebih dari 1,0. (4) Butir-butir yang dikembangkan dapat mengukur konstruk kompetensi sosial guru sebesar 66,956%. Perhitungan reliabilitas instrumen dengan SPSS for Windows di peroleh 0,818. Berdasarkan analisis faktor ini dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kompetensi sosial guru fisika SMA/MA yang dikembangkan memenuhi persyaratan validitas serta reliabilitas instrumen yang baik dipergunakan untuk mengukur kompetensi sosial guru fisika SMA/MA.

Keywords : Pengembangan, Instrumen, Kompetensi Sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.