Pembelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu

Andik Purwanto, Resty Sasmita

Abstract


Telah dilakukan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas X.2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda beralasan pada konsep listrik dinamis. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata postes kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor postes kelas kontrol dengan thitung 2.139> ttabel 1.670 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.
Kata kunci: model inkuiri terbimbing, kemampuan berpikr logis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.