MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN ARIAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TAMBANG

M. Nor M. Nor, Revi Astria Noprina, Zuhdi Zuhdi

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika siswa pada  kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang dengan penerapan pendekatan ARIAS  pada konsep materi pokok pemantulan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian  Pretest-posttest Control Group Design, kelas VIII C yang berjumlah 39 siswa menjadi kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan VIII B yang berjumlah 37 siswa menjadi kelas eksperimen dengan pendekatan ARIAS. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket motivasi yang terdiri dari indikator perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan. Analisis yang digunakan adalah  analisis deskriptif dan inferensial. Dari analisis deskriptif diperoleh bahwa motivasi belajar fisika siswa pada kelas eksperimen dengan mengunakan pendekatan ARIAS lebih tinggi dari kelas kontrol dengan pembelajaran secara konvensional yaitu 3,17 pada kelas eksperimen dan 2,92 pada kelas konrol. Dari analisis inferensial diperoleh hasil thitung > ttabel atau 5,232 > 1,66 sehingga terdapat peningkatan yang signifkan pada motivasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang dengan penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan ARIAS pada materi pokok Pemantulan Cahaya pada taraf kepercayaan 95%.

Kata kunci: Motivasi belajar, Pendekatan ARIAS, Cahaya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.