Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu

Rosane Medriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar Fisika siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium, (2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII6 SMPN 14 Kota Bengkulu sebanyak 29 orang siswa. Data dikumpulkan dari tes, laporan (LKS) kelompok, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor, dan lembar observasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu: (1) Tahap perencanaan (planning), (2) Tahap pelaksanaan tindakan  (action), (3) observasi (observacing), (4) Tahap refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan (a) Pembelajaran Fisika dengan menerapkan  model Problem Based Learning  berbasis Laboratorium dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika pada konsep Cahaya di kelas VIII.6 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Terutama pada aktivitas, mendefenisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dipecahkan, melakukan percobaan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, percaya diri mempresentasikan hasil karyanya,bekerja sama dalam kelompok (b) Pembelajaran Fisika dengan menerapkan model Problem Based Learning  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep cahaya di kelas VIII.6  SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, kemampuan psikomotor siswa berkembang dengan baik. Peserta didik dapat terlatih untuk melakukan pengamatan, menduga dan mengambil kesimpulan. Afektif siswa juga mengalami peningkatan, dan terbina kerja sama antar siswa, kemampuan untuk berkomunikasi. Disarankan kepada guru IPA di SMP untuk menjadikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium sebagai salah satu model alternatif dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), berbasis Laboratorium


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.