Pengaruh Penerapan Praktikum Virtual Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Sutarno Sutarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penerapan praktikum virtual berbasis problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa, sekaligus mengeksplorasi perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa antara kelompok kemampuan tinggi, sedang dan rendah.  Penelitian eksperimen kuasi ini menggunakan desain one group pretest and postest design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unib yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar TA 2012/2013 yang dipilih menggunkan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh penerapan praktikum virtual berbasis problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelompok kemampuan sedang sebesar 5,8% dan kelompok kemampuan rendah sebesar 12,7%. Pengaruh tersebut tergolong pada kategori lemah.  Sedangkan pada kelompok kemampuan tinggi penerapan praktikum virtual berbasis problem solving tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. 2) Tidak terdapat perbedaan  peningkatan kemampuan berpikir kritis antara mahasiswa kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan praktikum virtual berbasis problem solving. Besar skor rerata N-gain kemampuan berpikir kritis ketiga kelompok kemampuan tersebut secara berurutan adalah 0,48; 0,43; dan 0,38 dan berada pada kategori sedang.

Kata Kunci : praktikum virtual,  problem solving, kemampuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.