Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang

Usmeldi Usmeldi

Abstract


Pendidikan karakter seharusnya mengenalkan siswa pada nilai-nilai secara kognitif, penghayatan nilai secara afektif, dan akhirnya mengamalkan nilai sehingga menjadi karakternya. Kenyataan menunjukkan bahwa siswa belum memiliki karakter posiitif yang diharapkan, seperti sikap jujur dalam ujian, disiplin belajar di sekolah, ketaatan pada tata tertib sekolah dan sebagainya. Oleh karena itu dalam pembelajaran Fisika, guru harus mengintegrasikan karakter positif dengan metode pembelajaran. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika di SMK Negeri 1 Padang cenderung berpusat pada guru sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa dan karakter siswa belum banyak dapat dikembangkan. Siswa kurang menguasai materi pelajaran fisika, sehingga siswa sulit menerapkan konsep fisika ke dalam mata pelajaran produktif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan mengembangkan karakter siswa adalah metode pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan karakter siswa dan meningkatkan hasil belajarnya. Jenis penelitian adalah eksperimen kuasi dengan subyek penelitian siswa kelas X program keahlian Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Padang. Instrumen penelitian adalah panduan wawancara, lembar observasi, lembaran penilaian karakter, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui ketuntasan belajar, peningkatan hasil belajar, perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol, dan karakter positif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah dicapai. Peningkatan hasil belajar siswa termasuk kategori sedang. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Karakter positif sebagian besar siswa dalam kategori mulai terlihat dan mulai berkembang. Saran diajukan pada guru Fisika supaya dapat melaksanakan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran Fisika, mengingat pembentukan karakter membutuhkan waktu yang lama.

Kata kunci: karakter positif, hasil belajar fisika siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.