Efektifitas Penerapan e- book sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi

Eka Putri Azrai, Refirman Dj. Refirman Dj.

Abstract


Guru sebagai ujung tombak pendidikan merupakan sosok yang bertanggungjawab langsung untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Banyak upaya yang dilakukan guru seperti penerapan ragam media, model, sumber, sistem evaluasi dan lain-lain. Apa yang diterapkan guru dalam pembelajaran itu merupakan produk suatu penelitian dan penelitian itu akan lebih bermakna jika dilakukan langsung oleh guru yang bersangkutan. Salah satu produk yang dapat dikembangkan guru sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan output pembelajaran adalah e-book sebagai sumber belajar mandiri. Sebagai produk penelitian maka perlu dilakukan evaluasi efektivitas penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas penerapan e- book sebagai sumber belajar mandiri dalam pembelajaran biologi. Efektivitas dilihat berdasarkan tingkat kepuasan pengguna (guru dan siswa) dan berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilihat dari hasil belajar siswa. Selain itu juga dilihat dari tingkat motivasi belajar siswa dengan penerapan produk. Evaluasi efektivitas pada penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian deskriptif dan eksperimen. Penilaian efektivitas penerapan e-book sebagai sumber belajar mandiri dalam pembelajaran biologi dibatasi pada siswa kelas XI IPA SMAN 16 Jakarta dengan materi sistem koordinasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pendapat guru dan siswa sebagai pengguna e-book adalah sangat baik sehingga produk (e-book) dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri pada materi sistem koordinasi; 2. Penerapan e-book sebagai sumber belajar mandiri berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem koordinasi; 3. Penerapan e-book sebagai sumber belajar mandiri berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi siswa pada materi sistem koordinasi. Secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa e-book sebagai sumber belajar mandiri dapat dijadikan salah satu alternatif sumber belajar bagi siswa pada materi sistem koordinasi.

Kata kunci: e-book, efektivitas, sumber belajar mandiri


Article Metrics

Abstract view : 2931 times
PDF - 8306 times

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.